Hati - hati dalam dunia maya (internet)

·

Di era globalisasi sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. internet merupakan sarana untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Internet pada awalnya muncul pada tahun 1969 di AS, yaitu teknologi yang diawali oleh proyek yang dilakukan oleh departemen AS. Proyek yang disebut ARPA ini bertugas untuk melakukan penelitian yang bermanfaat bagi kelancaran dan kemajuan tugas-tugas militer AS, karena berbasis komputer maka dinamakan dengan ARPANET. Ungkap :pendidikan Dampak positif : adalah web site yang berisi informasi dari segala bidang kebutuhan ilmu pengetahuan dan hiburan (movie dan game) yang dikumpulkan berdasarkan dari info-info trendy, popular, dan selalu update untuk dinikmati semua kalangan netter-netter mania. Semua informasi adalah hasil kiriman dari komunitas kami (termasuk anda). Ketika suatu informasi berita telah terkirim, maka pengunjung lain melihat berita itu dan akan memberi point bila mereka suka. Jika informasi yang anda kirimkan cukup menghebohkan dan menerima cukup point (voting) maka akan secara otomatis berita kamu berpindah ke halaman depan (Topik Terpopuler) dimana halaman tersebut akan langsung dilihat oleh jutaan pengunjung lainnya. Dampak negatif: Ketergantungan pada internet mulai merambah kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya tidak semuanya berdampak positif, bahkan sejauh ini pengguna internet lebih dominan melakukan kegiatan-kegiatan negatif. Untuk dapat mengambil tindakan yang tepat, sebelumnya perlu ada pengertian yang jelas dan praktis terhadap ketergantungan yang tidak sehat akan internet ini. Kecanduan pada dunia cyber terbagi dalam lima kategori. 1. Cybersexual addiction yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini. 2. Cyber-relational addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata. 3. Net gaming yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang. 4. Information overload Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada. 5. Computer addiction Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer. Sumber :http://enformasi.com

>>>
Hati - hati dalam dunia maya (internet)


Post a Comment

Kirim Komentar Anda



Pengunjung On Line Saat Ini